Box dan wedge adalah satu kesatuan dari fungsi modeling yang ada di AutoCAD yaitu Membuat object 3D menggunakan UCS / WCS (work plane), salah satunya adalah Box dan Wedge yang banyak digunakan untuk memudahkan membuat object 3D .
Seperti yang saya sebutkan satu kesatuan dari fungsi modeling yang terdiri dari :

» Box
» Cylinder
» Cone
» Sphere
» Pyramid
» Wedge
» Torus


CARA MEMBUAT BOX DAN WEDGE




Tahap Pertama : Ubah Mode Workspace Menjadi 3D Modeling. Karena jika masih di drafting & Annotation maka tidak akan muncul modeling di menu home

Tahap Kedua : Ubah Tampak SE Isometri. Karena sarat membuat Object 3D kita diharuskan mengubah tampak 3D



Tahap Ketiga : Perhatikan Sumbu UCS / WCS ( x, y, z ). Karena ini merupakan dasaran untuk membuatnya

Tahap keempat : Tuliskan Command Pada Autocad. lihat contoh balok Diatas
Jika kita cocokan dengan ucs/wcs ( x, y, z ) maka ( 4, 1, 2 )
Maka caranya ialah :
» Ketik box [Enter]
» Klik sembarang
» Ketik @ 4, 1, 2 [Enter]

Selesai …

Dan begitu juga dengan object wedge

NB : Yang perlu kalian perhatikan adalah sumbu ucs / wcs saja jika sudah bias membaca sumbu tsb dengan benar maka hampir semua object modeling seperti diatas saya sebutkan akan terlehat mudah

Post a Comment

 
Top